JURUSAN D4 DEMOGRAFI DAN PENCATATAN SIPIL DI FAKULTAS HUKUM UNS



E3119110
RESANANDA
Penulis Mahasiswa Program Studi D4 Demografi dan Pencatatan Sipil 

Siapa yang tidak tahu UNS? Pasti semua sudah tahu ya. Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret resmi berdiri pada 11 Maret 1976. Sejak tahun 1977, UNS memiliki kampus induk terpadu di Kentingan, Jebres, Surakarta seluas + 60 ha yang diperoleh dari Walikota Surakarta melalui Surat Keputusan Walikota Surakarta tanggal 18 Oktober 1976 nomor 238/Kep/T3/1976. Dalam perkembangannya, pada tahun 1982 nama dan singkatan Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret Surakarta (UNS Sebelas Maret), ditetapkan menjadi Universitas Sebelas Maret yang disingkat UNS. Perubahan nama dan singkatan ini diresmikan dengan Keputusan Presiden RI No. 55 Tahun 1982.(UNS).
Universitas Sebelas maret (UNS) yang beralamatkan di Jalan Ir. Sutami 36 Kentingan, Jebres, Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia 57126. UNS di dalamnya terdiri atas 11 Fakultas dan 1 Pasca diantaranya:
1.      Fakultas Ilmu Budaya FIB
2.      Fakultas Hukum FH
3.      Fakultas Ilmu Sosial dan Politik FISIP
4.      Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan https://fkip.uns.ac.id
5.      Fakultas Ekonomi dan Bisnis https://feb.uns.ac.id
6.      Fakultas Kedokteran https://fk.uns.ac.id
7.      Fakultas Teknik https://ft.uns.ac.id
8.      Fakultas Pertanian https://fp.uns.ac.id
9.      Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam https://mipa.uns.ac.id
10.  Fakultas Seni Rupa dan Desain https://fsrd.uns.ac.id
11.  Fakultas Keolahragaan https://fkor.uns.ac.id
12.  Pasca sarjana https://pasca.uns.ac.id

Perlu diketahui bahwa UNS membuka Program Studi D4 Demografi dan Pencatatan Sipil dan telah dibuka pada tahun 2017. Prodi Demografi dan Pencatatan Sipil baru ada satu lho di Indonesia, tepatnya di Universitas Negeri Sebelas Maret dengan jenjang Diploma IV .Program Studi tingkat Diploma IV itu berada dalam Fakultas Hukum. Universitas Sebelas Maret bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri. Serta dalam rangka mewujudkan SDM dan sistem administrasi kependudukan sebagai pelayanan yang membahagiakan kepada masyarakat berdasarkan Pancasila, dan meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat, yang didukung oleh sumber daya manusia yang terampil, serta peka terhadap persoalan hukum dan masyarakat yang menyangkut dokumen kependudukan yang harus dimiliki tiap orang sejak lahir hingga meninggal dunia. Program Studi Demografi dan Pencatatan Sipil Fakultas Hukum UNS
Dibukanya Program Studi Demografi dan Pencatatan Sipil Fakultas Hukum UNS bertujuan menyediakan lulusan yang menguasai kemampuan dalam melaksanakan pekerjaan yang kompleks, dengan dasar kemampuan profesional tertentu yaitu keahlian di bidang demografi dan pencatatan sipil termasuk keterampilan merencanakan, melaksanakan kegiatan, memecahkan masalah dengan tanggung jawab mandiri pada tingkat tertentu, memiliki keterampilan manajerial, serta mampu mengikuti perkembangan, ilmu pengetahuan dan teknologi di dalam bidang keahliannya.
Lalu kita belajar apa di Demografi dan Pencatatan Sipil? Kita diajarkan tentang Administrasi Kependudukan. Apa yang dimaksud dengan Administrasi Kependudukan? Yaitu rangkaian kegiatan Penataan dan Penertiban dalam hal penerbitan dokumen dan Data Kependudukan melalui Daftar Kependudukan, Catatan Sipil, Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan.  serta Pendayagunaan. Lalu hasilnya untuk pelayanan publik dan pembangunan sektor lain. Ditambah beberapa mata kuliah seperti Hukum Pidana, Hukum Perdata, Hukum Tata Negara, Hukum Perdata Internasional, Pengantar Ilmu Hukum, Pengantar Hukum Indonesia, Hukum Administrasi Negara, Ilmu Negara, Demografi, Pancasila, Pendidikan Kewarganegaraan, Pengantar Administrasi Kependudukan, dsb. Itu tadi contoh Mata Kuliah yang harus mahasiswa tempuh selama menjalani program studi. Menarik bukan??
Program studi ini memiliki kuota sebanyak 150 orang, dibagi dalam beberapa seleksi, yakni ada yang namanya PMDK, UTM, dan Seleksi Mandiri. Tentunya mahasiswa tersebut berasal dari daerah-daerah di indonesia tidak hanya dalam lingkup Solo-raya.
Prospek kerja utama dari seorang lulusan program studi Demografi dan Pencatatan Sipil tentunya berada di instansi pemerintahan yang bergerak di bidang pencatatan sipil. Kebutuhan akan tenaga ahli pencatatan sipil cukup besar lho, di Kementrian Dalam Negeri saja, kebutuhan SDMnya mencapai 3 ribu orang. beberapa instansi yang bisa dimasuki oleh lulusan Demografi dan Pencatatan Sipil antara lain: Kementrian Dalam Negeri, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), hingga perusahaan-perusahaan swasta yang bergerak di bidang riset demografi.

Komentar

Postingan Populer